Monday, June 15, 2009

BAB 7 – Apa Nama Permainan Anda? (bag.4)

...sebelumnya di: BAB 7 – Apa Nama Permainan Anda? (bag.3)

Saya Seharusnya Sudah Lebih Kaya

Saya harusnya dapat menghasilkan lebih banyak uang jika saya berinvestasi pada pertambahan nilai, dan jika saya memperjualbelikan rumah. Sangat berat untuk berinvestasi pada aliran kas ketika orang lain berinvestasi pada pertambahan nilai. Namun pada tahun 2009, saya lebih dan lebih lagi menghargai pelajaran ayah kaya saya. Saya tahu mengapa dia berkeras untuk mengajarkan saya berfokus pada aliran kas dan tidak terjebak pada kegila-gilaan untuk membeli murah dan menjual mahal.

Saat ini, saya memiliki empat sumber utama aliran kas, yang akan saya bicarakan pada bab-bab berikutnya. Mereka:

1. Bisnis saya: Tanpa memperhatikan apakah saya bekerja atau tidak, aliran uang tetap masuk. Bahkan jika usahanya tutup, aliran uang akan terus masuk.

2. Real estate: Istri saya dan saya memiliki real estate yang memiliki aliran kas masuk setiap bulan

3. Minyak: Saya tidak berinvestasi pada perusahaan minya. Melainkan, saya berinvestasi sebagai rekanan dalam pengeboran minyak. Saat kami mendapati harga yang sangat murah, saya menerima bayaran untuk minya dan gas bumi yang terjual setiap bulan.

4. Hak cipta: Buku-buku saya terdaftar pada sekitar lima puluh penerbit. Setiap perempat tahun, mereka membayar saya atas hak cipta saya. Sebagai tambahan, permainan papan saya terdaftar pada lima belas perusahaan permainan. Saya juga dibayar oleh perusahaan-perusahaan tersebut setiap perempat tahun.

Aliran Kas untuk Masyarakan Biasa

Hampir semua orang mengerti pentingnya memiliki aliran kas masuk setiap bulannya. Permasalahannya adalah mereka tida katu apa perbedaan antara strategi aliran kas baik dan strategi aliran kas rata-rata. Strategi aliran kas yang baik menyediakan pemasukan pasif yang kena pajak sangat kecil sekali dan yang dapat anda atur. Strategi alliran kas rata-rata pemasukan pasif yang kena pajak tertinggi dan anda memiliki kuasa yang sangat kecil. Berikut ini adalah beberapa conto dari strategi aliran kas rata-rata:

1. Tabungan: Bungan dari tabungan adalah bentuk dari aliran kas. Saat ini, rasio bunga pada obligasi jangka pendek kurang dari nol. Jika anda beruntung, sebuah bank akan membayar anda 3 persen bunga dari tabungan anda.

Ada dua permasalahan dengan aliran kas dari tabungan. Satu adalah 3 persen bunga tersebut dipotong pajak sebagai pemasukan pada umumnya – kemungkinan pajak tertinggi, yang berarti 3 persen bunga tersebut terkena pajak 2 persen. Kedua, Federal Reserve mencetak triliunan dolar untuk menjamin bank-bank besar. Pada akhir sekitar tahun 1970, uang penjaminan hanya berjumlah jutaan. Sekitar tahun 1980, uang penjaminan terhitung miliaran. Pada tahun 2009, terhitung triliunan.

Ini akan menciptakan inflasi, dan mungkin hiper-inflasi. Jikga inflasi lebih besar dari 2 persen per tahun, kenyataannya anda akan kehilangan uang dengan mengumpulkan bunga dari bank dalam bentuk bunga tabungan. Dengan mengerti hubungan antara uang penjaminan dan inflasi adalah salah satu contoh pentingnya mengetahui sejarah: Dengan mengetahui sedikit sejarah, anda akan mengerti seberapa cepat tabungan anda akan kehilangan nilai. Anda dibayar 3 persen (2 persen setelah pajak) pada tabungan anda sedangkan bank sentral mencetak triliunan dolar.

2. Saham: Beberapa saham membayar deviden, yang merupakan bentuk dari aliran kas. Jutaan pensiunan hidup dari deviden saham-saham mereka. Permasalahannya dengan deviden adalah sepanjan krisis ini banyak perusahaan yang memotong deviden. Sepanjang minggu pertama bulan April 2009, Standard and Poor’s mengumumkan 367 perusahaan memotong deviden sebesar 77 miliar dolar AS pada perempat pertama tahun 2009. Itu merupakan pemotongan terburuk sejak S&P mulai mencatat pembayaran deviden tahun 1995. Hal ini berarti resesi benar-benar menyebar tepat pada mereka yang merasakannya, para pensiunan yang pernah hidup layak darinya.

3. Pensiun: Tunjangan pensiun adlah bentuk dari aliran kas. Permasalahannya adalah Pension Benefit Guaranty Corporation – PBGC (Perusahaan Penjamin Manfaat Pensiun) perserikatan mengalihkan hampir semua dari 64 miliar dolar AS dari aset yang dimilikinya dalam bentuk olbigasi menjadi saham dan real estate, tepat pada waktu kehancuran terjadi. Hal ini berarti orang-orang jenius dibelakang PBGC mengalihkan aliran kas dari obligasi, kemungkinan karena pemasukan dari obligasi terlalu rendah, dan menjadi saham dan real estate, berharap akan keuntungan yang lebih besar dari pertambahan nilai. Ini berarti banyak dana pensiun sangat bermasalah secara finansial.

Sebagai tambahan, konsep dari dana pensiun sudah kuno untuk sebagian besar orang. Sebagian besar perusahaan tidak lagi menyediakan dana pensiun, atau secara drastic mengurangi program dana pensiun mereka. Sekarang, sebagian besar hanya pemerintahan dan pekerja perserikatan buruh yang memiliki dana pensiun. Sebagian besar masnyarakat harus mencari cara lain untuk menghasilkan aliran kas untuk masa pensiun mereka sendiri.

4. Simpanan hari tua: Simpanan hari tua adalah bentuk dari aliran kas. Sebutan saja anda menyerahkan 1 juta dolar AS kepada perusahaan asuransi. Sebagai gantinya, dia setuju membayar anda sekian persen bunga dari dana tersebut sepanjang hidup anda.

Permasalahannya adalah, simapanan hari tua ini seringkali di topang oleh perdagangan real estate yang anda tidak bisa kuasai – perdagangan real estate dan bentuk instrumen finansial lain yang dibeli oleh badan investor besar, banyak diantaranya perusahaan umum, untuk pertambahan nilai bukan aliran kas. Permasalahan dari perusahaan umum yang berinvestasi pada pertambahan nilai adalah dengan dasar aturan akuntansi, mereka harus mencatat penurunan aset mereka dan meningkatkan modal yang lebih besar untuk menutupi kerugian mereka. Hal ini akan menyakitkan bagi perusahaan-perusahaan asuransi dan pengembalian tabungan hari tua anda – yang anda dapat lakukan adalah lihat AIG.

Mengapa Tidak Semakin Banyak Orang Bermain Permainan Aliran Kas?

Saat ini, saya menghadiri konferensi mengenai investasi dan mendengarkan pembicara yang berbeda-beda menyampaikan investasi yang berbeda-beda pula. Salah satu pembicara adalah seorang perencana finansial yang menyarankan orang untuk menyeimbangkan kembali portfolio saham dadan dana rekas mereka, yang menurut saya sesuatu yang tidak masuk akal. Menyeimbangkan kembali adalah cara lain untuk berkata berinvestasi pada pertambahan nilai. Dia kemudian berkata, “Saya tahu beberapa dari anda kehilangan banyak uang du pasar. Tapi jangan kuatir. Pasar modal akan kembali. Ingat, secara umum, pasar modal meningkat rata-rata 8 persen per tahun, jadi saya merekomendasikan anda untuk terus berinvestasi untuk jangka panjang.” Saya harus pergi ketika saya melihat para pendengar menganggukkan kepala mereka menunjukkan mereka setuju dengannya. Saya heran bagaimana orang dapat tertipu dengan mudah.

Para persekongkol membutuhkan uang anda mengalir kepada mereka. Itu mengapa mereka mengajar pekerja penjualan mereka seperti perencana finansial dan pialang saham untuk menyampaikan hal-hal seperti pasar modal naik 8 persen per tahun. Mereka menggunakan daya tarik pertambahan nilai untuk mengambil aliran kas mereka masuk ke dalam kantong mereka.

Agen-agen real estate menggunakan petunjuk-petunjuk yang sama. Mereka sering berkata, “Anda sebaiknya membeli sekarang sebelum harga naik.” Pendapat membeli sebelum harga naik adalah membeli yang berharap pada pertambahan nilai. Sekali lagi, para tenaga penjual menggunakan istilah pertambahan nilai untuk mendapatkan aliran kas anda. Itulah permainannya. Di saat anda menandatangani hipotek, uang mengalir dari anda kepada mereka.

Mengapa Tidak ada Orang yang Berinvestasi pada Aliran Kas?

Ada beberapa alasan mengapa sebagian besar orang berinvestasi pada pertambahan nilai, dan bukan aliran kas. Beberapa alasannya adalah:

1. Sebagian besar orang tidak tahu perbedaannya

2. Ketika perekonomian bertumbuh, lebih mudah memainkan permainan pertambahan nilai. Orang secara otomatis akan berasumsi portfolio saham dan rumah mereka akan naik seturut dengan inflasi.

3. Investasi aliran kas membutuhkan pengalaman finansial. Semua orang dapan membeli sesuatu dan berharap harganya akan naik. Mendapatkan perjanjian dengan aliran kas membutuhkan pengetahuan mengenai pemasukan dan pengeluaran yang potensial., dan bagaimana mengerjakan kemampuan kerja dari investasi yang berdasarkan hal-hal tersebut.

4. Orang-orang malas. Mereka hidup untuk hari ini dan tidak mengindahkan hari esok.

5. Masyarakan berharap pemerintah memelihara mereka. Ini adalah sikap dari ayah miskin saya, dan dia meninggal sebagai orang miskin. Bagi ayah miskin saya, lebih mudah berharap orang lain untuk memelihara dirinya. Saat ini lebih dari 60 juta orang Amerika, kawan-kawan baby boomer saya, yang mengikuti jalan dari ayah miskin saya.

Jika anda tidak ingin mengikuti jalan ayah miskin saya, bab-bab berikut adalah untuk anda.

Kesimpulan

Cara untuk mengalahkan persekongkolan adalah mengetahui nama permainannya, dan nama permainannya adalah aliran kas. Sekali anda tahu nama permainannya, anda perlu belajar istilah-istilahnya – bahasa uang. Satu cara untuk belajar bahasa uang adalah dengan bermain permainan papan saya, Cashflow. Anda dapat mulai dengan Cashflow 101, yang akan mengajar anda konsep dasar finansial. Dari sana anda dapat pindah ke Cashflow 202, yaitu untuk belajar finansial lebih lanjut. Namun pada akhirnya, tujuannya adalah untuk mempersiapkan anda permainan nyata dari aliran kas yang terjadi disekitar anda setiap jam setiap hari.

Seperti yang kita diskusikan sebelumnya, dua hal istilah utama adalah aliran kas dan pertambahan nilai. Dengan istilah yang sederhana, 90 persen orang bermain permainan pertambahan nilai. Hanya 10 persen yang bermain permainan persekongkolan aliran kas. Karena itu hanya 10 persen yang menang. Apakah anda ingin jadi pemenang atau yang kalah? Apakah anda ingin menjadi biasa-biasa saja atau sempurna? Jika anda ingin menang pada permainan aliran kas, maka sisa dari buku ini adalah untuk anda.

No comments:

Post a Comment