Monday, June 15, 2009

BAB 6 – Dimana Kita Sekarang? (bag.2)

...sebelumnya di: BAB 6 – Dimana Kita Sekarang? (bag.1)

Apakah Anda Menjadi Usang?

Dr. Buckminster Fuller suatu kali pernah berkata bahwa jika perubahan sudah tidak tampak lagi, kecepatan dari perubahan tersebut akan meningkat secara eksponensial – sebuah konsep yang dia istilahkan dalam sebuat artikel “accelerating acceleration” (mempercepat percepatan). Sebagai contoh, dia menggunakan perkembagan cepat dalam teknologi penerbangan. Pikirkan bagaimana cepatnya teknologi penerbangan telah berkembang dalam seratus tahun terakhir. Pada tahun 1903, Wright bersaudara terbang dengan dengan pesawat terbang pertamanya dengan sempurna. Pada tahun 1969, kita menempatkan orang pertama di bulan. Dan sekarang kita punya pesawat luar angkasa yang terbang dengan kecepatan 7.742 mil per detik dan dalam waktu dekat akan mampu terbang menuju Mars. Ini adalah contoh dari mempercepat percepatan. Teknologi, dan bagai mana teknologi mempengaruhi dunia usaha, berubah dengan langkah yang sangat cepat dan hampir sulit untuk diimbangi.

Dalam salah satu kuliahnya pada awal 1980, Bucky Fuller berkata mengenai teknologi baru yang dapat meledak sebelum akhir dekadi ini. Dengan menelusuri tingkat perkembangan teknologi, dia dapat memperkirakan masa depan. Pernyataan yang hampir sama dengan kuliahnya terus ada dalam saya. Dia berkata, “Kita memasuki dunia yang tidak terlihat.” Menjelaskannya, dia berkata, “Ketika anda berbaring dan melihat awan, anda tidak melihat awan bergerak. Hanya setelah anda menutup mata anda sebentar, dan melihatnya lagi, anda akan sadar perubahannya.”

Dr. Fuller prihatin. Pesannya adalah bahwa dalam waktu dekat jutaan orang akan kehilangan pekerjaan. Mereka akan di keluarkan dari pekerjaan karena teknologi dan penemuan-penemuan yang bekerja baik diluar pengelihatan mereka. Saya ingat betul kata-katanya, “Anda tidak dapat keluar dari jalur sesuatu yang tidak bisa anda lihat sedang bergerak menuju anda,” katanya.

Sebagai contoh dari apa yang diucapkannya, dia berkata mengenai perubahan dari kuda menjadi kendaraan mobil. Dia berkata, “Manusia tidak dapat melihat kendaraan mobil. Mereka dapat melihat perubahannya. Jika sebuah molil bergerak menuju dirinya, mereka akan segera menghindar.” Karena mereka dapat melihat mobil, mereka dapat beradaptasi dan merubah hidup mereka. Tapi penemuan masa depan, dia menyebutkan, akan tidak tampak. Jadi manusia tidak dapat melihat apa yang sedang mengubah hidup mereka. Dia menyelesaikan maksudnya dengan berkata, “Manusia sedang dikejar oleh sesuatu yang mereka tidak bisa lihat.”

Saat ini, orang sedang dikejar dan dijadikan using oleh temuan teknologi yang mereka tidak dapat lihat dan mengerti. Jutaan orang pengangguran karena ketrampilan mereka tidak dubutuhkan lagi. Mereka sudah menjadi usang.

Bisnis Berkecepatan Tinggi

Pada tahun 1970, saat saya memulai usaha pertama saya, saya dalam waktu dekat menjadi seorang penjelajah jutaan mil dengan United dan Pan American Airlines. Saat ini, saya dapat menyelesaikan lebih banyak bisnis dengan duduk di kantor saya menggunakan web untuk menghubungi lebih banyak orang dengan waktu yang lebih singkat, dan energy yang lebih sedikit – semua dilakukan dengan uang yang jauh lebih murah. Ketika saya menghasilkan banyak uang, perusahaan penerbangan berkesusahan, karena pelancong bisnis seperti saya telah menemukan cara yang lebih cepat dan murah untuk bertransaksi bisnis dengan orang-orang di seluruh dunia.

Pada tahun 1969, saya lulus dari U.S. Merchant Marine Academy di Kings Point, New York. Pada saat ini, kami adalah lulusan dengan bayaran tertinggi di dunia. Banyak dari kawan sekelas saya lulus dan langsung mendapat penghasilan 80.000 – 150.000 dolar AS pertahun jika mereka berlayar dengan kapal barang di daerah perang Vietnam. Saat ini bukanlah bayaran yang buruk untuk anak berumur duapuluh dua tahun.

Setelah lulus, saya berlayar untuk Standard Oil di atas sebuah kapal tanker untuk beberapa bulan. Tapi setelah saudara saya bergabung dengan militer untuk pergi berperang di Perang Vietnam, saya berhenti dari pekerjaan bergaji tinggi dang bersuka rela untuk terbang bersama Pasukan Angkatan Laut. Pendapatan saya dari 5000 sampai 200 dolar AS perbulan. Saya cukup terkejut.

Saat ini, beberapa kawan saya masih terus berlayar. Banyak yang menghasilkan 400.000 dolar AS pertahun dan akan pensiun dengan 200.000 dolar AS per tahun. Bukan penghasilan yang buruk dengan pendidikan sekolah mereka.

Ddari pada kembali berlayar setelah perang, atau menerbangkan pesawat, saya memilih untuk menjadi seorang enterprener. Saat ini, saya menuai keuntungan dari pilihan saya tersebut.

Ada dua perbedaan utama antara teman kelas saya dan saya. Perbedaan pertama adalah sebagian besar dari pekerjaan saya adalah 90 persen mental dan sebagian besar pekerjaan kawan-kawan saya adalah 90 persen fisik. Mereka harus melayarkan kapal untuk dapat dibayar. Saya menghasilkan uang bahkan ketika saya tidur. Perbedaan kedua adalah tingkat kecepatan transaksi. Kawan-kawan sekelas saya bekerja lima hari per minggu dan dibayar per bulan. Saya bekerja 24/7, 365 hari per tahun, dan dibayar tiap menit. Bahkan ketika saya berhenti bekerja, uang akan terus masuk. Saya akan menjelaskan bagaimana saya melakukannya di bab berikutnya.

Sekali saya mengerti apa yang Dr. Fuller maksud dengan mempercepat percepatan, saya mengambil keputusan untuk bertindak tetap berada di puncak gelombang. Saya tidak punya rencana untuk menjadi using. Saya tidak menunggu untuk perekonomian kembali. Saya bekerja keras untuk berada di depan dari percepatan perekonomian.

Anjing Pavlov

Seperti yang telah kita diskusikan pada Bagian Satu, benih dari krisis finansial saat ini telah tertanamkan dengan membajak sistem pendidikan AS di tahun 1904. Saat ini, kita masih tetap tidak punya pendidikan finansial yang cukup di sekolah kita.

Selama hari-hari kelam perbudakan Amerika, para budak dilarang untuk diberi pelajaran. Di beberapa negara bagian, merupakan tindakan criminal untuk mengajar budak membaca dan menulis. Sebuah golongan budak terpelajar merupakan golongan budak yang membahayakan. Saat ini kita gagal mengajar anak-anak kita untuk berpengetahuan finansial. Ini adalah cara lain untuk menciptakan budak – budak yang digaji.

Segera setelah meninggalkan bangku sekolah, kebanyakan anak-anak mula mencari sebuah pekerjaan, menabung uang, membeli sebuah rumah, dan berinvestasi jangka panjang pada reksa dana dengan portfolio yang beraneka ragam.

Sekarang bahwa jutaan orang kehilangan pekerjaan, apa yang mereka lakukan? Mereka kembali ke bangku sekolah untuk dilatih kembali, mencari pekerjaan yang baru, mencoba untuk menyimpan uang, membayar hipotek mereka, dan menginvestasikan dana pensiun mereka pada reksa dana. Dan mereka mengajar anak-anak mereka melakukan hal yang sama.

Ivan Pavlov memenangkan Hadiah Nobel pada tahun 1904 dibidang Physiology and Medicine atas penelitiannya terhadap sistem pencernaan anjing. Saat ini kita mendengan istilah Pavlov’s dog, yang merujuk pada respon yang sudah dikondisikan. Pergi sekolah untuk mendapatkan pekerjaan berpenghasilan tinggi, menyimpan uang anda untuk rumah, dan berinvestai dengan portfolio saham dan reksa dana yang beraneka ragam adalah contoh dari respon yang sudah dikondisikan. Banyak orang tidak dapat menyebutkan mengapa mereka melakukannya. Mereka hanya melakukannya kareja itulah yang diajarkan kepada mereka, sebuah respon yang sudah dikondisikan.

Pegawai menjadi Enterpreiner

Pada tahun 1973, saya kembali dari perang Vietnam dan menemukan ayah miskin saya di rumah, sendririan dan pengangguran. Dia mencalonkan dirinya sebagai wakil Gubernur Hawaii dan kalah. Meskipun dia cerdas, terpelajar, dan pekerja keras, dia berhenti bekerja pada umur lima puluh. Dia pernah menjadi bintang di dunia sistem pendidikan tapi sangat kurang di dunia bisnis dan politik. Dia dapat bertahan di sekolah tapi tidak di jalanan.

Nasihatnya adalah kembali ke sekolah, raih PhD saya, dan dapatkan pekerjaan yang baik dari pemerintah. Meskipun saya sangat mencintai ayah saya, saya tahu hidupnya bukanlah hidup saya. Meninggalkan rumahnya, saya pergi ke Waikiki dan pada umur dua puluh tujuh untuk sekali lagi menjadi didikan ayah kaya saya. Hal itu adalah satu diantara keputusan terbaik yang pernah saya lakukan. Saya sedang mengubah respon dari yang sudah di kondisikan dari seorang pegawai untuk menjadi seorang enterpreiner.

Sejarahnya adalah banyak cerita suksees dari mereka yang tidak mengindahkan respon terkondisi dan menempa jalan hidup mereka sendiri. Wright Bersaudara dan Henry Ford tidak pernah menyelesaikan sekolah tingkat tinggi. Bill Gates, Michael Dell, dan Steve Jobs tidak pernah menyelesaikan kuliah. Sergey Brin dari Google menangguhkan sekolah PhD-nya di Standford. Mark Zuckerberg memulai Facebook di dalam kamar musim dinginnya di Harvard, berkelana ke California, dan tidak pernah menyelesaikan sekolahnya. Semua para pengubah dunia ini tidak menyelesaikan sekolah karena mereka tidak memerlukannya lagi untuk mencari pekerjaan. Mereka memiliki ide dan keberanian untuk melakukan ide mereka itu. Mereka memulai bisnis dan menciptakan pekerjaan bagi orang lain. Saat ini, jiwa enterpreiner sedang meledak di seluruh dunia. Lebih penting lagi, enterpreiner paling sukses mengerti bahwa kita saat ini berada di jaman informasi. Mereka memiliki pengelihatan untuk melihat perubahan yang sebagian besar orang tidak dapat melihatnya.

Masa Depan Akan Berbeda

Saat ini kita memiliki generasi baru yang akan mengubah masa depan. Generasi ini terdiri dari anak-anak yang lahir setelah tahun 1990. Mereka adalah anak-anak yang hanya mengenal dunia dengan Internet. Mereka tidak sama dengan orang-orang yang lahir sebelum 1990; mereka lahir ke dalam dunia yang berbeda dan akan menciptakan masa depan yang berbeda. Seperti apa masa depan itu, saya tidak tahu persisnya – saya hanya tahu bahwa masa depan yang mereka lihat bukan masa depan yang saya lihat.

Yang saya tahu adalah jarak antara mereka yang kaya dan yang miskin akan terus melebar. Ide untuk mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi seumur hidup sudah menjadi lelucon bersamaan dengan negara-negara menengah ke bawah bersaing secara global dan perusahaan-perusahaan bertukar pikiran antar lautan dengan kecepatan cahaya. Pekerjaan cenderung berpindah dari ke negara-negara dengan biaya buruh yang paling rendah. Saya memperkirakan bahwa para enterpreiner muda yang dilengkapi dengan PDA murah dan memiliki akses Internet sebentar lagi akan mucul dari kampung-kampung kumuh dan mengubah dunia. Mereka yang kaya dan merrasa puas dengan keadaannya sekarang akan mendapatkan dunia mereka yang mewah akan terganggu bersamaan dengan para enterpreiner muda dan lapar mengubah masa depan dunia – juga dari kampung-kampung kumuh.

Di Jaman Industri, negara-negara kaya di dunia mengatur sumber alam dunia seperti minya, logam, kayu, dan makanan. Dengan berkembangnya Jaman Informasi, negara-negara kaya dan berkuasa tidak akan lagi dapat memonopoli sumber alam yang sebenarnya – pikiran kita. Dalam dunia maya Internet, kejeniusan dunia akan terbebaskan, dan garis golongan yang sudah berumur ratusan tahun akan dihapuskan. Orang yang sangat kaya baru akan muncul.

Perekonomian Baru, Kemakmuran Baru

Dengan datangnya perekonomian yang baru, akan ada juga ledakan kemakmuran yang baru. Akan muncul jutawan dan miliarder yang baru. Uang akan berada dalam kecepatan sangat-sangat tinggi. Pertanyaannya sekarang adalah, Apakah anda akan menjadi orang kaya yang baru itu, atau orang miskin yang baru? Kembali ke tahun 1950, orang kaya saya melihat perekonomian yang baru dan bertindak. Ayah miskin saya hancur olehnya. Dia memilih keamanan finansial dari pada kebebasan finansial – dan pada akhirnya, dia tidak mendapatkan satupun diantaranya.

Jadi, Dimana Kita Berada Sekarang?

Pasar modal mungkin saja akan pulih, tapi ingat bahwa butuh waktu dari 1929 sampai 1954 baginya untuk kembali kepada nilai tertingginya 381. Ketika pasar modal benar-benar pulih, aka nada perusahaan yang baru yang menaikkan Dow. Blue Chip (saham unggulan) yang baru akan mendominasi. Real estate mungkin akan pulih ketika masyarakan bertumbuh dan pekerjaan ada lagi. Tapi aka nada keluarga-keluarga baru yang tinggal di rumah besar yang lama. Dan juga mungkin aka nada lebih banyak lagi mereka yang tidak punya rumah.

Tapi perekonomian yang lama, perekonomian yang pernah kita tahu, tidak akan kembali. Perekonomian telah melangkah maju. Perekonomian lama yang lahir tahun sekitar 1954 sedang sekarat. Perekonomian yang baru sedang dilahirkan sekarang, sebuah ekonomi yang akan dipimpin anak-anak yang lahir setelah tahun 1990, orang-orang muda yang hanya tahu apa yang maya, dunia web yang berkecepatan tinggi.

berlanjut ke: BAB 6 – Dimana Kita Sekarang? (bag.3)...

No comments:

Post a Comment