Monday, June 15, 2009

BAB 3 – Persekongkolan Menentang Uang Kita, Bank Tidak Pernah Merugi (bag.3)

...lanjutan

Aturan Baru Uang #2: Belajar Bagaimana Menggunakan Utang

Banyak orang mengajarkan bahwa utang itu jahat. Mereka berkhotbah bahwa yang cerdas adalah membayar lunas utang anda dan jangan pernah berutang. Dalam arti luas mereka benar. Ada utang yang baik dan ada utang yang buruk. Adalah suatu yang bijaksana untuk melunasi utang yang buruk – dan jangan terperangkap pada utang yang buruk dari awal. Secara sederhana, utang yang buruk mengambil uang dari kantong anda, dan utang yang baik memasukkan uang ke dalam kantong anda. Sebuah kartu kredit adalah utang buruk karena orang memakai kredit tersebut untuk membeli barang yang berdepresiasi seperti televisi layar lebar. Pinjaman untuk sebuah investasi property yang anda sewakan kembali adalah utang baik jika aliran kas dari aset cukup membayar angsuran utang dan menambah uang ke dalam kantong anda.

          Mereka yang mengkhotbahkan mengenai kejahatan utang tidak mengerti bahwa utang sangatlah penting bagi perekonomian Amerika. Entah itu baik atau jahat selalu menjadi perdebatan. Yang tidak dapat didebat lagi adalah bahwa tanpa utang, seluruh perekonomian kita akan hancur. Itu mengapa pemerintah mengeluarkan banyak obligasi untuk mendapatkan uang. Ketakutan terbesar pemerintah adalah deflasi, dan satu cara untuk memerangi deflasi adalah dengan inflasi.

          Saya tahu Presiden obama menjanjikan perubahan dan harapan. Namun dengan memberikan pilihannya pada Tim Geithner sebagai Sekretaris Perbendaharaan dan mantan Sekretaris Perbendaharaan sebagai kepala Dewan Perekonomian Nasional – orang-orang yang mempercepat krisis ini pada jaman pemerintahan Presiden Clinton – tidak ada yang akan berubah jika anda dan saya tidak kembali berutang. Jika anda dan saya berhenti meminjam, dan bank berhenti meminjamkan, akan ada kehancuran dan mungkin depresi.

          Alasan mengapa pembekuan perpanjangan kredit akan mengarahkan kita kepada depresi adalah karena perekonomian berkembang karena anda dan saya berutang, bukan karena produksi barang-barang. Pada tahun 2003, Presiden Bush berkata, “Merupakan harapan pemerintah agar masyarakat dapat memiliki rumah mereka sendiri.” Jelas sekali, dia member harapan kebaikan atas kepemilikan rumah karena dia ingin lebih banyak orang lebih berutang lagi untuk menyelamatkan perekonomian. Anda mungkin dapat sadari saat ini, Ketika bank menyita sebuah property, mereka tidak menginginkan rumahnya. Rumah bukanlah sebuah aset. Andalah asetnya – atau kemampuan anda untuk membayar bunga pinjaman itulah asetnya.

Dalam Emas Kita Percaya

Pada tahun 1957, kata-kata “Dalam Tuhan Kita Percaya” ditambahkan pada lembaran dolar AS. Pada tahun 1971, dolar dipisahkan terhadap emas. Berdasarkan pada nilai saat ini dalam Vanity Fair, daya beli dolar telah jatuh 87 persen. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, semua mata uang, uang Monopoli yang disponsori oleh pemerintah, sudah kembali kepada nilai sebenarnya – nol. Pada tahun 1970, seribu dolar dapat membeli kira-kira 28 gram emas. Pada bulan Maret 2009, dengan harga emas sekitar 900 dolar AS per gram, 28 gram emas tadi dapat dijual harga sekitar 25.000 dolar AS – bahkan setelah pasar modal mengalami kehancuran terbesar dalam sejarah.

          Pada tahun 1924, John Maynard Keynes, yang memberi peringatan mengenai kehancuran mata uang, memisahkan emas sebagai “barang bersejarah yang kejam.” Sayangnya, dia tidak sadar berapa besar kemampuan Federal Reserve dan pemerintah kita dapat hancurkan nilai mata uang kita saat aturan-aturan uang dirubah pada tahun 1971.

          Pada tahun 1952, rasio antara utang keluarga terhadap pemasukan uang yang dapat digunakan kurang dari 40 persen. Dengan kata lain, jika anda memiliki 1000 dolar AS setelah dipotong pajak, hanya 400 dolar AS yang digunakan untuk membayar utang. Pada tahun 2007, rasio itu menjadi 133 persen. Karena gaji kita tidak naik, masyarakat hidup dengan kartu kredit dan pinjaman kepemilikan rumah. Saat ini masyarakat Amerika memiliki utang untuk keperluan konsumsi sebesar 2,56 triliun dolar AS.

          Bahkan bankir terbaik dan paling cemerlang jatuh dalam jebakan ini. Pada tahun 1980, utang perbankan sebesar 21 persen dari total Pengeluaran Domestik Nasional A.S. Pada tahun 2007, utang itu menjadi 116 persen.

          Pada tahun 2004, Komisi Perdagangan dan Sekuritas memperbolehkan lima bank terbesar untuk mencetak sebanyak mungkin uang yang mereka butuhkan untuk mengatasi batas cadangan 12:1 – hanya untuk menyelamatkan perekonomian. Cadangan 12:1 berarti setiap dolar dalam tabungan di bank, bank dapat member uang pinjaman 12 dolar dalam bentuk utang. Dengan memperbolehkan lima bank terbesar untuk mengatasi batas cadangan, bank-bank ini sekarang dapat secara efektif mencetak uang semaunya. Lagi, sama dengan pernyataan Monopoli:

Bank tidak pernah “merugi.” Jika bank kehabisan uang, bank dapat mengeluarkan uang sebanyak mungkin uang yang dibutuhkan bahkan dengan menuliskannya pada selembar kertas.

Sayangnya, memperbolehkan bank-bank terbesar untuk mencetak uang tanpa batas tidak akan menyelamatkan perekonomian. Hal ini akan membuat permasalahan semakin parah.

Aturan Uang yang Baru #3: Belajar untuk Mengatur Aliran Kas

Jika anda ingin terjamin secara finansial dan mungkin juga kaya, anda perlu tahu bagaimana mengatur aliran kas anda sendiri sama halnya dengan memonitor aliran pekerjaan, orang dan uang secara global.

Menjalankan Uang

Alasan saya menulis mengenai penjual buah di Vietnam diawal bab ini tadi adalah untuk menekankan hubungan antara uang dan “berlari” dalam krisis ekonomi. Pada tanggal 2 Maret 2009, index Dow jatuh 299 point menjadi 6.763, turun dari poin setinggi 14.164 pada tanggal 9 Oktober 2007. Dengan istilah yang sangat sederhana, ini berarti uang berlari keluar dari pasar modal, persis sama seperti penjual buah yang siap berlari dengan menukarkan piaster dan dolarnya dengan emas. Pada tahun 2009, seperti kata-kata ayah kaya saya, kas sedang mengalir keluar dari pasar modal. Pertanyaannya adalah, “Kemana uang tersebut mengalir?”

          Kata yang terpenting dalam bisnis dan investasi adalah cash flow (aliran kas). Itu mengapa permainan pendidikan yang saya kembangkan diberi nama Cashflow. Satu hal yang terpenting yang diajarkan oleh ayah kaya saya adalah mengatur aliran kas pribadi saya dan memantau aliran kas dunia. Dia mangajarkan saya untuk memantau aliran kas global dengan mengamati tiga hal:

          1. Pekerjaan: Sudah bertahun-tahun pekerjaan mengalir ke luar negeri. Saat ini, di Amerika, pekerjaan sedang mengalir keluar dari Detroit bersamaan dengan runtuhnya General Motor. Ini berarti perekonomian Detroit sedang sakit.

          2. Orang: Persis sama dengan perempuan Vietnam yang berlari, orang-orang saat ini sedang berlari. Merek berlari menuju tempat dimana ada pekerjaan. Saya suka berinvestasi di pasar dimana orang-orang bergerak, bukan diam.

          3. Uang tunai (Kas): Sama dengan perempuan Vietnam menginginkan uang yang bersifat global. Itu mengapa dia menukarkan piaster dan dolarnya menjadi emas. Hal yang sama terjadi saat ini. Pasar modal sedang runtuh, karena uang tunai sedang mengalir keluar dari kepemilikan saham menuju tabungan, obligasi, dan emas.

Utang, Uang, Aliran Kas

Belajar bagaimana menggunakan utang adalah satu dari antara ketrampilan yang paling penting yang dapat dipelajari seseorang. Dan sebuah pelajaran penting adalah utang itu sama baiknya dengan aliran kas anda. Jika saya menjalankan sistem pendidikan, saya akan mengajarkan para pelajar perbedaan antara utang yang baik dan utang yang buruk, dan bagaimana menggunakan utang yang baik untuk membuat aliran kas menuji tabungan bank mereka dari pada keluar dari tabungan mereka. Untuk menggunakan utang baik secara efektif membutuhkan IQ finansial. Karena uang kita sekarang adalah utang, mengajar orang untuk menggunakan utang dengan bijak akan membuat perekonomian kita lebih kuat.

          Dalam buku saya, Increase Your Financial IQ (Meningkatkan Kecerdasan Finansial Anda), saya membahas banyak untuk bagaimana saya menggunakan utang dengan resiko yang kecil dan hasil pengembalian yang sangat tinggi. Bahkan bersamaan dengan runtuhnya perekonomian saat ini, investasi saya yang menggunakan utang terus menghasilkan aliran kas yang positif. Satu alas an investasi saya tetap kiat adalah karena rekan-rekan saya dan saya membeli rumah apartemen dimana terdapat pekerjaan disana – dimana orang dan uang mengalir kesana. Dalam istilah yang sederhana, real estate tidak banyak berarti jika tidak ada pekerjaan, karena pekerjaan mengundang orang, dan dimana ada aliran masyarakat, uang kas juga mengalir.

Harapan vs. Pendidikan

Daripada berharap Presiden Obama dapat menyelamatkan dunia, saya percaya bahwa lebih bijak untuk menjadi lebih cerdas dengan uang anda. Karena aturan nomer satu dari Aturan Baru Uang adalah Uang adalah Pengetahuan, pengetahuan anda terhadap uang harus termasuk mempelajari bagaumana menggunakan utang dan belajar mengatur aliran kas pribadi anda, begitu juga memantau aliran pekerjaan, orang, dan uang di seluruh dunia.

          Saya menciptakan permainan Cashflow untuk mengajar kemampuan mengatur aliran kas pribadi anda dan menggunakan utang untuk mendapatkan aliran kas yang masuk ke dalam tabungan bank anda – bukan keluar dari situ. Cashflow juga disebut Monopoli diatas steroids. Ada tiga tinggat dari permainan ini:

Tingkat #1: Cashflow for Kids, untuk anak berumur lima sampai dua belas tahun

Dari pada menggunakan kata-kata dan angka, Cashflow for Kids menggunakan warna dan gambar untuk mengajarkan anak dasar pokok mengenai uang dan aliran kas dan menggunakan mereka dengan bijaksana.

          Tingkat #2: Cashflow 101, dasar pokok dalam berinvestasi

Permainan ini mengajarkan perbedaan antara aset dan kewajiban dan menggunakan utang dengan bijaksana. Permainan ini menggabungkan dasar-dasar akuntansi dengan dasar-dasar investasi.

          Tingkat #3: Cashflow 202, investasi teknis

Permainan ini mengajarkan prinsip berinvestasi pada pasar yang sedang naik dan turun. Seperti yang anda ketahui, jutaan orang kehilangan triliunan dolar ketika pasar runtuh. Cashflow 202 mengajarkan anda bagaimana mendapatkan keuntungan pada pasar yang sedang naik maupun turun.

Anda dapat mengetahui mengenai permainan ini dari website saya Richdad.com. Disana juga terdapat Klub Cashflow yang resmi maupun tidak di seluruh dunia dimana anda dapat belajar memainkan permainan tersebut secara gratis atau dengan harga yang murah.

          Klub Cashflow yang resmi terdaftar pada pelayanan online dari Rich Dad Company. Mereka juga menawarkan kurikulum 10-langkah yang terstandard-kan untuk meningkatkan IQ finansial anda dan mereka meminta untuk mengikuti prinsip-prinsip dari Rich Dad Company. Jika tidak dapat klub satupun di daerah anda, anda dapat memulai klub anda sendiri, karena mengajar adalah salah satu cara terbaik untuk belajar.

Penutup

Akhir kata, selalu ingat bahwa bank tidak pernah merugi – tapi anda dan saya dapat. Tapi ada berita baik! Sebuah bank dapat mencetak uang mereka sendiri, dan anda dan saya juga bisa. Dalam bab-bab berikut saya akan menunjukkan anda bagaimana saya mencetak uang saya sendiri menggunakan kecerdasan finansial saya, seringnya dengan menggunakan utang dan mengatur aliran kas.

No comments:

Post a Comment