Tuesday, May 26, 2009

Kata Pengantar – Dapatkah Obama Menyelamatkan Kita? (bagian - 3)

Persekongkolan Orang Kaya
8 ATURAN BARU MENGENAI UANG
oleh Robert Kiyosaki
Kata pengantar – Dapatkah Obama Menyelamatkan Kita?


...lanjutan
Aturan Lama: Diversifikasi
Aturan lama mengenai diversifikasi menyebutkan bahwa anda harus membeli beberapa saham, obligasi, dan dana hibah. Namun diversifikasi tidak melindungi investor dari 30 persen jatuh harga dalam pasar saham dan kerugian dana hibah mereka. Menurut saya janggal bahwa banyak dari mereka yang disebug “guru-guru investasi,” mereka yang bernyanyi memuji diversifikasi, mulai berteriak “Jual, jual, jual!” saat harga pasar turun. Jika diversifikasi melindungi anda, mengapa menjual semuanya dengan tiba-tiba?
Sebagaimana Warren Buffett berkata,´Diversifikasi yang luas hanya dibutuhkan saat investor tidak mengerti apa yang sedang mereka lakukan.” Pada akhirnya, diversifikasi adalah permainan terbaik yang jika dihitung akan berjumlah nol. Jika anda berdiversifikasi berimbang, saat satu asset menurun, asset yang lain akan menanjak. Anda merugi di satu tempat dan diuntungkan di tempat lain, tapi pada akhirnya anda tidak mendapat keuntungan sama sekali. Anda akan statis. Dipihak lain, inflasi, topik yang akan kita bahas nanti di buku ini, terus berjalan maju.
Dari pada berdiversifikasi, investor-investor yang bijak akan berspesialisasi. Mereka mengenal usaha mereka lebih baik dibandingkan dari orang lain dan memenangkan kompetisi mereka. Mereka juga mengerti dengan memiliki sebuah usaha atau aset yang memiliki aliran kas adalah jauh lebih baik dibandingkan memiliki portfolio investasi berdiversifikasi dari saham, obligasi, dan dana hibah. Ayah kaya saya selalu mengajarkan saya bahwa orang miskin membeli saham dan orang kaya menjual saham. Dengan begitu dapat diartikan bahwa orang kaya membangun usaha dan menjual saham pada orang miskin dan menggunakan uangnya untuk membangun lebih banyak usaha yang akan memasukkan uang ke dalam kantong mereka.

Aturan Baru: Kontrol dan Fokuskan Uang Anda
Jangan berdiversifikasi. Kontrol uang anda dan focus pada investasi-investasi anda. Dengan jujur, sepanjang krisis keuangan ini saya mengambil beberapa investasi, tapi kekayaan saya tetap utuh. Hal itu karena kekayaan saya tidak tergantung pada nilai pasar yang naik atau turun. Jika situasi memburuk, saya dapat mengontrol naik dan turun investasi saya. Kuncinya adalah memiliki control dibandingkan membuat investasi yang kamu tidak dapat kontrol sama sekali. Aturan untuk memiliki control dan berfokus akan kita demonstrasikan lagi dan lagi dalam buku ini.
Hanya dua dari delapan aturan-aturan baru ini yang akan dibicarakan dalam buku ini. Maksud dari bagian utama ini adala untuk anda membuka mata kepada fakta bahwa cara pandang anda tentang uang hampir sepanjang umur anda kemungkinan besar tidak tepat. Itu bukan salah anda, system pendidikan kita lah yang tidak gagal, dan system keuangna kita telah bersekongkol terhadap anda. Tapi sekarang adalah waktunya untuk anda mendidik diri anda sendiri – mendidik diri anda aturan-aturan baru tentang uang. Dengan melakukan itu, anda mengambil alih control atas takdir anda sendiri dan memegang kunci untuk memecahkan persekongkolan orang kaya.

Janji Saya untuk Anda
Setelah Presiden Nixon mengubah aturan-aturan mengenai uang pada tahun 1971, subyek ini menjadi sangat membingungkan. Subyek mengenai uang menjadi tidak masuk akal bagi hampir semua orang-orang yang jujur. Faktanya bahwa semakin anda jujur dan kerja keras, semakin rendah rasa terhadap aturan-aturan baru. Sebagai contoh, aturan yang baru memperbolehkan mereka yang kaya mencetak uang mereka sendiri. Jika anda atau saya melakukannya, kita akan dimasukkan ke penjara karena mencetak uang palsu. Karena itu saya menyebut uang Monopoli dolar A.S.: Aturan resmi dari permainan Monopoli yaitu bahwa bank tidak akan pernah “bangkrut.” Jika bank kehaisan uang, bank dapat mencetak lebih banyak uang hanya dengan menuliskannya diatas secarik kertas. Tentu saja Monopoli hanyalah sebuah permainan. Pemerinta kita melakukannya dalam kehidupan nyata.
Janji saya pada anda adalah saya akan melakukan yang terbaik untuk menjaga penjelasan saya sesederhana mungkin. Saya akan berusaha menggunakan bahasa sehari-hari untuk menjelaskan istilah-istilah kompleks di dunia keuangan. Misalnya, salah satu alas an mengapa terjadinya krisis keuangan saat ini adalah karena alat keuangan yang dikenal sebagai derivative (turunan). Warren Buffett pernah menyebut derivative sebagat senjata untuk perusak massa, dan penjelasannya terbukti nyata. Turunan telah menghancurkan bank-bank terbesar di dunia.
Permasalahannya adalah hanya sedikit orang yang tahu ap itu derivative. Untuk menjaga tetap sederhana, saya jelaskan turunan dengan menggunakan contoh sebuah buah jeruk dan jus jeruk. Jus jeruk adalah turunan dari buah jeruk – persis seperti bensin adalah turunan dari minyak bumi, atau telur adalah turunan dari seekor ayam. Sesederhana itulah: Jika anda membeli sebuah rumah, hipotek adalah turunan dari anda dan rumah yang anda beli.
Salah satu alasan kita barada dalam krisis keuangan ini adalah karena para perbankan di seluruh dunia mulai membuat turunan dari turunan dari turunan. Beberapa turunan baru ini memiliki nama yang sangat indah seperti collateralized debt obligations (obligasi utang tambahan), atau high-yield corporate bonds (obligasi perusahaan berpenghasilan tinggi), alias obligasi rongsokan.
Turunan yang berlapis-lapis adalah sebuah penipuan tingkat tinggi. Mereka tidak ada bedanya dengan seseorang yang menggunakan sebuah kartu kredit untuk membayar kartu kredit lainnya, kemudian membayar rumah mereka dengan hipotek yang baru, membayar tagihan kartu kredit mereka, dan menggunakan kartu kredit mereka seperti sebelumnya lagi. Karena itu Warren Buffet menyebut turunan senjata pemusnah missal. Turunan yang berlapis-lapis menghancurkan system perbankan dunia sama seperti kartu kredit dan pinjamam kepemilikan rumah menghancurkan banyak keluarga. Kartu kredit, obligasi utang tambahan, obligasi rongsokan, dan hipotek – mereka semua itu adalah turunan, hanya memiliki nama yang berbeda saja.
Salah satu alasan saya percaya buku saya Rich Dad Poor Dad adalah buku keuangan pribadi dengan penjualan terbaik disepanjang masa adalah karena saya menjaga istilah keuangan tetap sederhana. Saya akan melakukan yang terbaik untuk berlaku sama dengan buku ini.
Mereka bilang “Kesederhanaan ini adalah sesuatu yang jenius.” Untuk menjaga semuanya tetap sederhana, saya tidak akan menjurus ke hal-hal yang terlalu terperinci dan penjelasan-penjelasan yang kompleks. Saya akan menggunakan cerita-cerita kehidupan nyata, dibanding menggunakan penjelasan-penjelasan teknis untuk menjelaskan sesuatu hal. Jika anda ingin perincian yang lebih dalam, saya akan mendaftarkan sejumlah buku yang menjelaskan suatu subyek dalam buku ini lebih dalam.
Kesederhanaan sangat penting karena banyak orang yang mendapat keuntungan dalam hal uang membuat segala sesuatunya kompleks dan membingungkan. Akan lebih mudah untuk mengambil uang anda jika anda binggung. Itu mengapa tugas saya adalah untuk menjaga buku ini tetap sederhana.
Jadi apakan cinta akan uang itu akar dari segala kejahatan? Saya bilang tidak. Saya percaya kejahatan datang dari ketidakpedulian akan bagaimana uang itu bekerja, dan ketidakpedulian adalah persekongkolan orang-orang kaya.

No comments:

Post a Comment